Sabtu, 08 Oktober 2011

Pengguna dan Fungsi Akuntansi

Pengguna akuntansi atau laporan keuangan dapat kita bagi menjadi dua yaitu pengguna intern perusahaan dan ekstern perusahaan. Dimana para pengguna dan untuk apa laporan keuangan bagi mereka yang akan kita bahas.

Dimulai dengan pihak intern perusahaan:

  1. Manajer, orang yang memiliki wewenang dan bertanggung jawab untuk pengelolaan perusahaan. Manajer memerlukan informasi akuntansi dalam penyusunan perencanaan perusahaan untuk periode berikutnya, mengevaluasi kebijakan yang akan diambil perusahaan serta melakukan tindakan koreksi pada kegiatan-kegiatan yang berpengaruh pada ekonomi perusahaan.
Selanjutnya pihak intern perusahaan yang membutuhkan laporan akuntansi menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam buku Standar Akuntansi Keuangan (2002:2-3)  :
  1. Investor, melalui informasi akuntansi, investor (penanam modal) atau calon investor dapat menentukan keputusan yang akan diambil untuk membeli, menahan atau menjual investasinya dalam saham perusahaan jika perusahaan berbentuk PT dan biasa terjadi dalam perdagangan efek / saham di bursa efek.
  2. Kreditor. Kreditor dalam memberikan pinjaman juga harus tahu kemampuan nasabahnya dalam mengembalikan pinjaman beserta bunganya tepat pada waktu. Dengan laporan keuangan kreditur dapat melihat kemampuan nasabahnya.
  3. Pemasok. Sama halnya dengan kreditor, pemasok yang terkadang tidak dapat dibayar secara langsung oleh perusahaan dan memberikan jeda waktu pembayaran atau hutang kepada perusahaan harus mengetahui keadaan ekonomi suatu perusahaan untuk dapat membayar tepat waktu melalui laporan keuangganya. 
  4. Instansi Pemerintah. Pemerintah biasanya menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk menetapkan pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
  5. Karyawan. Karyawan membutuhkan informasi keuangan perusahaan tempatnya bekerja untuk mengetahui keadaan perusahaannya. Apakah perusahaan tersebut dalam keadaan yang baik atau tidak  untuk dapat memberikan balas jasa, pensiun, tunjangan-tunjangan atau meminta perbaikan gaji karyawannya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More