Sabtu, 24 Desember 2011

Penyebab Kurang Konsentrasi




Sulit konsentrasi terkadang memang terjadi pada diri kita, apalagi jika kita sedang banyak pikiran. Tapi apakah Anda tahu apa saja yang bisa menyebabkan sulit konsentrasi berikut beberapa hal penyebabnya :

1.Kesehatan Tubuh
         Anda mungkin kekurangan vitamin atau hormon, terutama jika dibarengi dengan rasa lelah luar biasa. "Jika ada kekurangan pada hormon tiroid, metabolisme jadi melambat sehingga mengurangi aliran darah dan fungsi sel di berbagai bagian otak," kata Dr Orford, Staf Ahli dari Mayo Clinic, Preventive Medicine Division, di Scottsdale dikutip dari kompas.com

2. Pengaruh obat
        Jika Anda sedang dalam keadaan sakit dan sedang mengonsumsi obat mungkin itu salah satu penyebab Anda sulit untuk konsentrasi atau bahkan ada beberapa jenis obat yang sudah Anda berhenti konsumsi bisa memepengaruhi mood dan konsentrasi anda. Jika Anda curiga ini dengan penyebab ini catatlah obat-obat yang Anda curigai sebagai penyebab dan konsultasikan kepada dokter.

3. Rokok
        Semua orang sudah tahu efek samping merokok adalah merusak kesehatan terutama fungsi organ dalam tubuh salah satu nya adalah otak. Itu pun terjadi jika Anda mencoba untuk berhenti merokok yang akan membuat anda sulit berkonsentrasi.

"Ini adalah keluhan umum para perokok. Tetapi, Anda akan lebih mendapatkan lebih banyak keuntungan secara psikologis jika berhenti merokok," katan Christopher Kahler, PhD, dari Brown University. Tapi semakin senang perasaan Anda ketika mencoba untuk berhenti, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil, kata Kahler. Intinya adalah bagaimana Anda bisa untuk meningkatkan suasana hati (mood) yang dikutip dari kompas.com

4. Makan Tidak Sehat
        Pengaruh apa yang kita makan memang sangat berpengaruh besar terhadap aktivitas sehari-hari kita termasuk konsentrasi.

5. Kurang Tidur
        Kurang tidur juga dapat mempengaruhi konsentrasi Anda, seperti saat mengantuk dalam sebuah kelas pelajaran yang membuat Anda tidak berkonsentrasi.

6. Kurang Olahraga
        Sebuah penelitian juga menyebutkan olahraga dapat membantu otak untuk bekerja dengan baik karena peredaran darah menuju otak berjalan lancar dan akan mempengaruhi tingkat konsentrasi.

7. Beban Pikiran
        Stress merupakan salah satu beban pikiran yang dapa menyebabkan kurang konsentrasi, atasi lah masalah stres Anda agar dapat lebih fokus dan konsentrasi. Selain itu yang perlu Anda ketahui yang menyebabkan stress sehingga membuat Anda sulit berkonsentrasi adalah cemas yang berlibahan terhadap sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More